Tips menyiasati pengeluaran tak terduga

Selasa, 29 November 2011 ·

Seringkali kita dipusingkan dengan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga, misalnya: anggota keluarga tiba-tiba sakit, menghadiri undangan resepsi pernikahan, sumbangan untuk rekan kantor yang kemalangan, dll. Pengeluaran-pengeluaran seperti ini meskipun pada umumnya jumlah rupiahnya tidak terlalu banyak namun kadang seringkali cukup membuat kita pusing.
Agar kita tidak dipusingkan oleh pengeluaran-pengeluaran tiba-tiba seperti diatas, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan:
  1. Alokasikan pos pendapatan anda untuk pengeluaran tidak tertuga (social cost/emergency cost). Tidak ada patokan berapa persentasi untuk pos pengeluaran ini, namun kita bisa mengambil berdasar kanrata-rata pengeluaran per bulan, atau memprediksi kemungkinan pengeluaran bulan depan misalnya; orang melakukan hajatan pernikahan umumnya setelah lebaran haji atau pada saat liburan sekolah biasanya kita banyak menerima undangan khitanan.
  2. Untuk pengeluaran tak terduga karena sakit atau mengalami kecelakaan anda disarankan untuk mengambil salah satu produk asuransi kesehatan, besar preminya disesuaikan dengan pendapatan anda. Namun pada umumnya kalau kita ber-satus karyawan, perusahaan tempat kita bekerja sudah membekali anda dan keluarga dengan fasilitas asuransi kesehatan.
  3. Berusahalah semaksimal mungkin agar pengeluaran anda tidak melebihi dari yang dianggarkan, caranya tentu anda sendiri yang lebih tahu.
  4. Apabila terdapat sisa uang dari yang dianggarkan lebih baik masukkan ke pos-pos investasi anda.
Selamat mencoba....

0 komentar:

Recent post

Finance Glossary