Pelit atau Hemat??

Kamis, 01 Desember 2011 ·

Seringkali kita sulit membedakan antara pelit dengan hemat, nah..pada tulisan kali ini mari kita bahas sedikit perbedaan antara pelit dan hemat, untuk lebih mudah dicerna kita menggunakan perumpamaan atau contoh kasus saja..

Ada dua orang sebut saja si A dan si B, kedua orang tersebut memiliki kebiasaan dan pola hidup yang menurut pandangan kasat mata masayarakat sekitar tidak jauh berbeda alias mirip, karean kebiasaan mereka ini oleh masyarakat sekitar mereka mendapat julukan si pelit...loh kog bisa? yuuk kita uraikan perilaku dan pola hidup kedua orang tersebut:

Perilaku dan pola hidup si A
  1. Barang yang dibeli biasanya bukan keluaran terbaru, prinsipnya yang penting bisa digunakan, misalnya: hand phone, jam tangan, dll.
  2. Selalu memprioritaskan tabungan/investasi dalam mengalokasikan pandapatan yang diterima (gaji, bonus, dll)
  3. Apabila mengajak keluarga jalan-jalan atau berkumpul dengan teman, biasanya lebih menyukai tempat-tempat yang murah meriah seperti warung tenda, kedai kopi, taman hiburan umum, perpustakaan, dll.
  4. Memberikan sumbangan untuk kegiatan sosial atau menghadiri undangan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sosialisasi dimasyarakat, biasanya jumlah sumbangan yang diberikan tidak menonjol. 

Perilaku dan pola hidup si B 
  1. Berusaha semaksimal mungkin tidak membeli barang kebutuhan, kalaupun terpaksa membeli biasanya membutuhkan pertimbangan yang sangat panjang.
  2. Berprinsip bahwa uang yang didapat sebagian besar harus disimpan, kecuali untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
  3. Semaksimal mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah baik dengan  keluarga atau teman-teman..kecuali ada maunya.
  4. Tidak perduli dengan kegiatan sosial kemasyarakatan apalagi yang sifatnya memberi sumbangan, kalaupun terpaksa sekali lagi karena ada kepentingan pribadi.
Nah...dari perbandingan perilaku dan pola hidup si A dan B diatas, silahkan anda menentukan siapa dari keduanya yang pantas dijuluki si Pelit...

0 komentar:

Recent post

Finance Glossary